BENARKAH SEBLAK BASAH PENYEBAB USUS BUNTU ?

BENARKAH SEBLAK BASAH PENYEBAB USUS BUNTU ?

Dihimpun dari detik.com (11/10), Baru-baru ini beredar informasi tentang seorang anak yang mengalami peradangan usus buntu. Diduga akibat kerupuk kenyal yang terkandung dalam seblak basah. Benarkah demikian ?
Menanggapi hal ini, dr Kevin William Hutomo, dokter umum dari RS Permata Depok mengatakan bahwa bisa jadi kerupuk yang ada pada seblak tersebut memang benar menjadi faktor penyebab peradangan usus buntu. Tapi tentu saja ada banyak faktor lain, dan tidak bisa serta merta menyalahkan makanan tersebut.
Dikatakan dr Kevin, usus buntu sebenarnya memiliki koneksi atau sambungan ke usus besar. Pada saat di bagian usus yang terkoneksi atau tersambung ke usus buntu tersebut, terdapat seperti lubang kecil. Di bagian tersebut biasanya kerap terjadi sumbatan, sehingga terjadi sumbatan, mungkin ada bakteri di situ, ada kuman-kumannya akhirnya terjadi peradangan di usus buntunya," ujar dr Kevin kepada detikHealth.
 Apakah kerupuk basah menjadi penyebab usus buntu? Ahli gizi dari Instut Bogor (IPB) menagatkan tidak masuk akal. “pertama, makanan itu masuk ke lambung kita itu dicerna dan dihancurkan. Kemudian masuk ke usus sudah menjadi partake kecil, kecuali kalau dia batu atau biji jambu keras,” kata Hardinisyah dihubungi Kompas.com (10/10). Hal senada dr Kevin pun MERAGUKAN. Namun menurutnya banyak faktor risiko lain yang menyebabkan usus buntu, di antaranya gaya hidup yang kurang baik, pola makan, gemar makan pedas dan kurang konsumsi serat seperti sayur dan buah.
Selain itu, faktor kebersihan pun bisa jadi faktor risiko terjadinya usus buntu. Hanya saja yang paling memungkinkan adalah kotoran dari sisa-sisa makanan yang dimakan. Apabila fekal atau feses mengeras tentu menyebabkan sumbatan di daerah usus buntu.
Jadi kesimpulannya, kerupuk basah pada seblak bukan faktor utama penyebab usus buntu, tapi lebih ke factor gaya hidup ya guys. So, tetap jaga kesehatan kita dengan pola hidup yang sehat, dan jangan ragu untuk makan seblak.
Yogi Abdul Aziz. Sos.I Manager Seblak_Cuzz
IG : Kang_Aziz_

Cp : 085863353354

Komentar